Catat! 4 Tempat Rafting Seru Tak Jauh dari Semarang

> Destinasi > Catat! 4 Tempat Rafting Seru Tak Jauh dari Semarang
rafting seru

Rafting alias arung jeram kini sudah bukan cuma sebagai cabang olahraga saja, tapi juga sudah menjadi salah satu kegiatan wisata yang diminati oleh banyak orang. Kegiatan meluncur di sungai yang berkelok-kelok dengan arus yang cukup deras menjadi tantangan tersendiri buat mereka yang suka dengan olahraga ekstrim. Rafting Seru

Buat kamu pencinta rafting yang berdomisili di Semarang, bersyukurlah. Pasalnya, di dekat kota kita banyak sekali sungai-sungai yang cocok digunakan untuk aktivitas menantang ini. Kalau kamu pengen mencoba rafting, yuk langsung aja berangkat ke beberapa sungai yang sudah HIKING rangkum berikut ini.

Sungai Serayu (Banjarnegara)

Sungai Serayu (dulu juga disebut Ci Sarayu) adalah salah satu sungai di Jawa Tengah. Membentang dari timur laut ke barat daya sejauh 181 km, sungai ini melintasi lima kabupaten yakni Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, hingga bermuara di Samudra Hindia di wilayah Kabupaten Cilacap.

Hulu sungai ini berada di lereng Gunung Prahu di wilayah Dieng, Wonosobo. Mata airnya dikenal sebagai Tuk Bima Lukar (mata air Bima Lukar). Memiliki banyak anak sungai, total daerah aliran sungai Serayu mencapai luas 4.375 km². Mengalir kurang lebih ke arah barat-barat daya, di sisi selatan aliran ini dibatasi oleh deretan perbukitan yang dinamai Pegunungan Serayu Selatan.

Sungai serayu menjadi salah satu pilihan utama dalam kegiatan arung jeram baik untuk keperluan wisata atau olahraga. Selain riak jeram yang menantang, nilai plus dari berarung jeram disungai serayu adalah pemandangan yang apik selama perjalanan pengarungan. Jika ingin berwisata arung jeram di sungai serayu ini banyak kok operator arung jeram seperti Serayu Rafting dan Banyuwong Serayu.

Sungai Elo (Magelang)

Sungai Elo berlokasi di Kabupaten Magelang – Jawa Tengah, Mempunyai hulu dari gunung merbabu dan gunung andong serta berhilir di sungai progo. Sungai ini terletak dekat lokasi wisata Candi Borobudur serta Candi Mendut.Untuk mencapainya dibutuhkan waktu kira-kira satu jam perjalanan dari kota Jogjakarta.Aktivitas arung jeram di sungai elo dapat dilakkukan sepanjang  tahun, di musim kemarau arung jeram di sungai ini tetap berjalan karena banyak sekali sumber mata air yang mengaliri.Sungai Elo sudah melalui tes uji kelayakan untuk digunakan rafting atau arung jeram, Dengan berbagai standar dan prosedur yang sudah ada kami pastikan untuk kegiatan wisata arung jeram di sungai ini aman untuk di arungi.Karakter sungai elo memiliki jeram-jeram kelas II hingga kelas III (Curamnya medan sungai dan derasnya air) yang tergolong sangat menyenangkan namun cukup menantang.

Sungai Progo (Magelang)

Sungai Progo atas adalah sungai yang mempunyai hulu dari Kabupaten Temanggung. Aliran sungai ini pada musim kemarau tidak dapat di lalui oleh perahu karet karena banyaknya batu-batu besar yang terlihat. Aktivitas arung jeram di sungai ini hanya bisa di lakukan pada waktu musim penghujan, karena sungai progo atas tidak memiliki banyak sumber mata air, sangat bertolak sekali dengan sungai elo yang sepanjang tahun bisa di gunakan aktifitas arung jeram. Lokasi Sungai Progo Atas berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju Sungai Progo atas diperlukan waktu kira-kira enam puluh menit perjalanan darat dari Kota Jogjakarta. Sungai ini terletak dekat lokasi wisata Candi Borobudur, Candi Mendut dan Taman kyai langgeng. Sungai Progo atas sudah melalui tes uji kelayakan untuk digunakan rafting atau arung jeram, Dengan berbagai standar dan prosedur yang sudah ada kami pastikan untuk kegiatan wisata arung jeram di sungai ini aman untuk di arungi. Karakter Sungai Progo atas memiliki jeram-jeram grade kelas III hingga kelas IV (curamnya medan sungai dan derasnya air)  yang tergolong menantang dan sangat menyenangkan dan aman untuk pemula. Meskipun demikian, ada baiknya seseorang yang baru pertama kali melakukan rafting bisa menjajaki sensasi rafting sungai elo lebih dulu.

Selain Sungai Progo atas, sebenarnya ada Sungai Progo bawah yang lebih deras airnya, cuma kami tidak menyarankan untuk pemula dalam ajang wisata. Tetapi jika memang untuk penggiat arung jeram sangat kami sarankan mencoba arus Sungai Progo bawah ini.

Sungai Paingan (Pekalongan)

Kali Paingan terletak di Paninggaran, tepatnya setelah memasuki wisata Linggo asri di Desa Linggoasri Kecamatan Kajen. Tidak terlalu jauh sekitar 11 Km ke arah Paninggaran. Anda tidak akan sulit untuk mencarinya, tinggal menyusuri sepanjang Linggo asri dan akan menemukan kali yang panjang terbentang. Wana Wisata Kali Paingan ini sendiri terletak di Jalan Raya Kali Paingan Km 14 Desa Linggoasri, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, Provinsi Jawa Tengah. Rute yang bisa dilewati jika traveler melakukan start dari pusat kota yaitu berkendara ke arah barat menuju Wiradesa yang berjarak 7 km. Setelah itu belok ke arah selatan menuju kecamatan Kajen hingga menemukan Gapura Selamat Datang di Wisata Linggoasri. Dari sana traveler masih harus berkendara sejauh 12 km untuk sampai ke Wana Wisata Kali Paingan. Sungai ini relatif aman untuk kegiatan wisata karena arus sungainya tidak terlalu deras.

Nah, itu tadi beberapa tempat seru buat main rafting di sekitar Semarang. Tinggal pilih aja nih mau nyobain yang mana. Sudah siapkah kamu berpetualang?

(HNR/HIKING)

rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru, rafting seru

WhatsApp chat