TELKOMSEL Jateng & DIY River Trekking

TELKOMSEL Jateng DIY
Instansi TELKOMSEL Jateng DIY Div. IT Operation
Waktu 4 Mei 2018
LokasiGonoharjo, Kendal

Deskripsi Kegiatan

Susur sungai atau menyusuri aliran sungai merupakan kegiatan wisata petualangan yang penuh tantangan namun menyenangkan. Wisatawan akan diajak menyusuri sungai yang airnya mengalir jernih, menikmati suasana alam terbuka, pepohonan serta batuan alam yang terhampar disepanjang aliran sungai.

Kali ini (4/5/18) sobat HIKING yang berasal dari Telkomsel Jateng DIY Divisi IT Operation akan mencoba sensasi serunya bertualang melintasi sungai (River Trekking) di sela-sela rutinitas kesibukannya, dan objek (sungai/river) yang di explore kali ini berlokasi di Kawasan Wisata Gonoharjo, sebuah kawasan yang berada di Kab. Kendal yang terkenal dengan pemandian air panas alaminya. Selain itu dikawasan ini juga terdapat Camping Ground, Kolam Renang, Resto dan beberapa villa yang biasa digunakan untuk acara liburan atau sekedar rekreasi keluarga.

Aktifitas River Trekking di awali dengan melakukan senam serta peregangan otot (stretching), bertujuan untuk melemaskan otot kaku yang dapat menimbulkan cidera saat kegiatan berlangsung, dilanjutkan dengan ice breaking, pembagian kelompok, penjelasan umum keselamatan  (safety brief) serta pembagian logistik perjalanan.

Rute River Trekking kali ini di bagi menjadi 3 bagian/etape perjalanan, pertama promas Greenland menuju kolam pemandian air hangat/Belerang, dilanjutkan melalui jalur utama aliran sungai (mainstream), dan kembali menuju Promas Greenland.

Awal perjalanan medan yang dilalui datar cenderung menurun dan letaknya berada di atas jalur utama sungai, pada sisi kanannya terdapat saluran irigasi yang mengarah menuju dusun yang berada dibawahnya. Karena posisi jalur trekking yang berada di atas sungai kita harus berhati-hati melintasinya terlebih pada saat hujan.

Setelah kurang lebih 30 menit berjalan kami sampai di kolam pemandian air hangat, yang merupakan tempat pemberhentian sejenak sekaligus akhir perjalanan etape pertama perjalanan. Di tempat ini kami sejenak beristirahat sambil menikmati sejuknya udara dan menggambil beberapa gambar.

Perjalanan kembali dilanjutkan, kali ini medan yang dilalui merupakan jalur utama atau aliran sungai yang jernih airnya. Kami menyusuri aliran sungai yang lebarnya 1 – 3 m sampai ke atas bukit, karena memang aliran sungai ini nantinya terdapat air terjun dengan ketinggian sekitar 15 meter dengan kondisi air yang jernih, serta kubangan yang berbatu, serta lebatnya tumbuhan yang tumbuh di sepanjang kiri-kanan sungai menjadikan sungai ini asyik untuk dijelajahi atau berendam sesuka hati. Dalam perjalanan menyusuri jalur sungai kami beberapa kali sejenak beristirahat untuk mengambil gambar, melepas lelah serta menunggu beberapa rekan yang tertinggal karena sulitnya medan yang dilalui. Lama perjalanan di etape ini memakan waktu 90 menit, hingga kami bertemu pertemuan antara sungai dengan saluran irigasi yg cukup lebar untuk berputar kebali menuju titik start.

(APM/HIKING)

Telkomsel Jateng DIY 

WhatsApp chat